Senin, 12 September 2011

mie tek-tek penghangat keluarga

Ada banyak cara untuk menikmati waktu bersama keluarga. Misalnya dengan makan malam bersama. Bagi yang koceknya tebal, acara ini bisa dilakukan di restoran favorit atau kafe ternama. Bagi yang uangnya cukup, makan bersama ini bisa dilakukan di warung bakso atau kios batagor. Tapi bagi yang sakunya sedang kempes alias boke berat, acara bersama ini bisa dilakukan dengan membuat hidangan super murah meriah tapi spesial. Mie tek-tek, sejatinya adalah makanan yang cukup mahal, saat ini konon harganya Rp.6.000,- untuk satu porsi. Walau begitu dengan sedikit keterampilan, kita bisa membuat mie tek-tek yang murah dengan porsi cukup melimpah. Berikut ini saya sajikan resepnya yang sederhana :

Bahan-bahan :
1. Bawang Merah, 5 siung
2. Bawang Putih, 2 butir
3. Merica bubuk, 1 bungkus atau setengah sendok teh(tergantung kegemaran Anda terhadap rasa pedas)
4. Garam, 1 sendok makan (ini pun tergantung Anda, fleksibel seberapa senang Anda terhadap rasa asin)
5. Penyedap rasa, 1/2 sendok teh
4. Mie Telor, 5 bungkus kecil
5. Kol, 1/4 kg
6. Air Putih, 3 gelas
7. Telur ayam, 2 buah
8. Minyak goreng, 3 sendok makan
Cara Membuat :
1. Bawang Putih dan Bawang Merah diiris tipis (jika Anda senang sensasi rasa yang lebih kuat, bisa diteruskan dengan digerus)
2. Kol diiris tipis
2. Panaskan minyak goreng
3. Goreng irisan bawang merah dan bawang putih. Tunggu hingga harum.
4. Irisan kol di masukkan dan diaduk-aduk hingga terlihat layu
4. Telur ayam dimasukkan ke dalam wajan, lalu aduk-aduk hingga bergumpal-gumpal.
5. Mie telur dan air dimasukkan. Biarkan air mendidih dan mie menjadi matang
6. Garam, merica dan penyedap rasa dimasukkan lalu di aduk, setelah itu cicipi rasanya. Jika sudah pas rasanya, matikan kompor.
7. Mie tek-tek ini sedap disantap selagi hangat.
Demikianlah resep sederhana membuat mie tek-tek. Selain lezat, mie ini bermanfaat juga untuk menghangatkan badan, hal ini karena kandungan merica yang ada di dalamnya. Satu resep di atas bisa untuk dua sampai lima orang (jika untuk dua orang, maka porsinya adalah masing-masing mendapat dua mangkuk penuh. Jika untuk 5 orang maka masing-masing mendapat kurang lebih setengah mangkuk. Apakah bisa untuk 10 orang? Ya bisa juga. Mungkin masing-masing hanya mendapat beberapa sendok saja. Lumayanlah...). Selamat mencoba membuat mie tek-tek! Insya Allah bisa menjadi makan malam yang istimewa bagi Anda dan orang-orang yang Anda sayangi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar